Serang, KabarViral79.Com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang melakukan simulasi pemungutan perhitungan perolehan suara serta penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) pada Pemilu 2024 di TPS 31 Penancangan, Cipocok Jaya, Serang, Banten, Selasa (30/1/2024).

Simulasi tersebut dikuti sesuai Data Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 209 pemilih.

Kepala Devisi Teknis KPU Kota Serang, Iip Patrudin mengatakan KPU Kota Serang menggelar simulasi real time atau waktu yang sebenarnya mulai dari pendaftaran, pencoblosan, penghitungan hingga perekapan surat suara pada pemungutan suara Pemilu 2024 secara serentak.

“Ini tujuannya mensosialisasikan kepada masyarakat Komplek dan Pedesaan cara memilih, sosialisasi penggunaan aplikasi SIREKAP dan sosialisasi kepada pemilih Pemilu 2024,” Kata Iip.

Sebagaimana diketahui, simulasi di mulai dari pukul 07.00 WIB sampai 13.00 WIB dilanjutkan dengan perhitungan lima surat suara yaitu Surat suara untuk pemilihan calon Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan juga DPRD Kabupaten/Kota. Dengan menggunakan aplikasi SIREKAP.

Iip menjelaskan, fungsi dan tujuan Sirekap ini untuk menyampaikan hasil penghitungan suara secara cepat kepada publik. Bahkan, Sirekap bakal ditayangkan langsung dalam sistem informasi KPU.

“Sirekap sebagai alat bantu KPU dalam menyampaikan hasil kepada masyarakat, karena Sirekap ini akan sangat presisi. 100 persen TPS yang ada untuk ditayang langsung dalam sistem informasi yang dimiliki oleh KPU Pusat, apabila ada kendala kita akan gunakan SIREKAP offline,” tuturnya.

(Wel)



from KabarViral79.Com https://ift.tt/VdcPE7Y
via Beritarh